;
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

5/29/2016 05:39:00 AM
0


Surabaya – Kamis, 04 April 2016 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa FIP Unesa Tahun 2016 di Auditorium O5 lantai 3 dimulai pukul 09.00. Sebagai ketua pelaksana kegiatan pada acara sosialisasi dan pelatihan PKM ini adalah Bapak Supriyanto, S.Pd alumni mahasiswa UNY, dan pernah menjadi ketua UKM Penelitian di UNY. Peserta yang hadir dalam acara tersebut sekitar 366 mahasiswa FIP Unesa yang terdiri dari angkatan 2013, 2014, dan 2015, 16 dosen pendamping selingkung FIP Unesa, tampak hadir Drs. Sujarwanto, M.Pd selaku Dekan FIP Unesa, didampingi oleh Drs. Heru Siswanto, M.Si selaku Wakil Dekan 3 FIP Unesa.
Narasumber atau pemakalah pada acara tersebut adalah Dr. Sujarwo, M.Pd, merupakan juri atau tim reviewer PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Seorang pria paruh baya ini lahir di Karanganyar dan merupakan Wakil Dekan 3 FIP UNY, dan sekaligus dosen PLS UNY. Beliau datang ke Unesa untuk membagi ilmunya kepada mahasiswa FIP Unesa terkait PKM, serta memberikan kiat-kiat untuk membuat PKM yang menarik dan dapat lolos didanai oleh dikti.
Bapak Sujarwanto menyadari bahwa perlu menciptakan budaya PKM di FIP Unesa, oleh karena itu seluruh mahasiswa harus dirangsang dalam membuat PKM sejak semester awal, mulai dari sosialisasi, pelatihan dan pembimbingan dalam pembuatan PKM harus dilakukan. Lain lagi dengan UNY, PKM sudah menjadi makanan pokok setiap mahasiswa, dan tak heran apabila PKM mahasiswa UNY banyak yang lolos didanai bahkan masuk di PIMNAS sudah menjadi langganannya.
Ide atau gagasan yang akan dibuat PKM sebenarnya bisa berasal dari pengalaman yang diperoleh secara langsung melalui observasi atau praktik lapangan, hanya saja yang menjadi permasalahan mendasar adalah mahasiswa masih bingung cara mengemas ide atau gagasan tersebut menjadi bahasa PKM, ujar Sujarwo.
Bapak Sujarwo menghimbau kepada seluruh mahasiswa agar mempersiapkan diri untuk menyambut PKM 5 bidang, yaitu PKM-P, PKM-M, PKM-K, PKM-KC, dan PKM-T. Berkaitan dengan dana, PKM yang lolos akan didanai sebesar 2,5 – 12 juta perusulan PKM. PKM tersebut akan terakhir di upload secara online pada bulan Oktober 2016 yang akan didanai pada tahun 2017. Untuk mengetahui informasi secara detail mengenai PKM bisa mengakses www.simlitabmas.dikti.go.id. Mari kita persiapkan diri dari sekarang!! (Novisal Bahar)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts