;
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

2/19/2016 12:31:00 AM
0


Globalisasi membuat persaingan semakin ketat, individu dituntut untuk memiliki kemapuan yang merata di semua bidang, salah satunya adalah public speaking. Saat ini ketrampilan seseorang saat berbicara dikhalayak umum sangat penting dan mutlak harus dimiliki oleh setiap individu baik disektor pendidikan maupun dunia kerja, Terlebih bagi seorang mahasiswa Public speaking menjadi hal mutlak yang harus dimiliki hal ini tentu bisa menjadi nilai jual yang lebih jika mahasaiswa nantinya akan terjun ke dunia kerja. Ketrampilan berbicara ini merupakan salah satu dari sekian banyak kompetensi yang hendaknya dimiliki individu jika ia ingin bisa bertahan di tengah kerasnya persaingan. Berbicara tidak dapat dilakukan hanya dengan membuka mulut dan bersuara, asal bicara. Berbicara harus jelas dan dapat dimengerti.
Banyak orang yang gagal dalam hubungan sosial, politik, pekerjaan dan bisnis bahkan pendidikan, dikarenakan kemampuan berbahasa/berbicara (public speaking) yang rendah. Itulah sebab utama, mengapa banyak sekali orang mengalami rasa gugup dan takut saat harus berbicara di depan orang banyak. Saat harus melakukan public speaking. Rasa gugup dan takut, yang muncul karena tidak terbiasa dan tidak pernah secara sengaja memahami dan mempelajari fenomena public speaking.
Public speaking  merupakan jembatan utama dalam meniti karier dalam perusahaan, kehidupan bermasyarakat yang harmonis, atau sampai menyelesaikan masalah dimanapun. Public speaking merupakan Ilmu yang paling berharga saat ini, karena dengan kemampuan Public speaking seseorang akan mudah mencapai kesuksesan. Ketika kita mempunyai kemampuan yang luar biasa, orang lain tidak akan tahu jika kita tidak “menjualnya” dengan kemampuan Public speaking. Kemampuan Public speaking bukan hanya berbicara di depan umum tetapi mencakup berbagai hal di antaranya, ketika kita melakukan presentasi. Dengan kemampuan Public speaking yang handal dipastikan bahwa Presentasi yang kita bawakan akan menjadi presentasi yang luar biasa walaupun materi yang disampaikan cukup menguras kepala audiens. Inilah salah satu manfaat Public speaking yang sering kita jumpai dan Temukan manfaat Public speaking lain dengan terus mengasah kemampuan Public speaking dengan Training, Mengikuti Organisasi, Forum dan Praktek Langsung.
Dalam dunia mahasiswa kita sering melihat mahasiswa yang disaat kuliah mahasiswa tersebut hanya datang, duduk dan diam hal ini sangat merugikan bagi mahasiswa itu sendiri dikarenakan mahasiswa hendaknya memanfaatkan proses perkuliahan ini untuk mengasah diri salah satunya adalah meningkatkan kemampuan public speaking yang handal dan mumpuni. Berikut tips-tips public speaking yang benar:
1.      Meningkatkan Percaya Diri & Menghilangkan Phobia di Depan Umum
Melatih kepercayaan diri dapat dilakukan dengan memperbanyak latihan berbicara didepan umum karena dengan terbiasa kita akan menjadi bisa. Hilangkan rasa takut salah dalam berbicara juga menjadi kita lebih percaya diri. Salah satu cara untuk meminimalisir ketidak percayaan diri adalah dengan mengetahui audiens yang dihadapi, menguasai ruangan yang ada, dan mengetahui materi yang akan disampaikan.
2.      Tehnik Olah Vokal
Sebagai Public Speaker harus memiliki suara yang jelas agar audiens dapat mendengar dengan jelas apa yang disampaikan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam persepsi. Dalam menjaga vokal bisa dengan memperbanyak minum air putih, melakukan pemanasan vokal dengan bergumam dll
3.      Menyusun materi yang powerfull
Ketika berbicara didepan umum usahakan mealkukan persiapan yang matang dengan memepelajari apa yang akan kita sampaikan, karena jika materi kita terbatas maka kita akan gugup, hal ini bisa tertolong jika kita rajin membaca, karena dengan membaca pengetahuan kita akan bertambah.
4.      Body Language
Gerak-gerik tubuh kita juga menentukan dalam meyakinkan audiens, sehingga gerakan- gerakan tubuh kita yang benar adalah luwes dan tidak kaku namun tetap berwibawa.
5.      Menarik perhatian/ memukau audiens
Seorang public speaker harus bisa menguasai audiens, materi yang disampaikan tidak boleh monoton dan merangsang audiens untuk selalu terlibat atau berinteraksi itu adalah salah satu caranya.

Ya itulah beberapa cara mudah dalam menjadi public speaker yang baik, namun kemampuan itu bisa ditambah dengan kemampuan tambahan seperti kemampuan Brain stroming, Berinteraksi secara positif dengan audience, Menaklukan audience yang blocking/ menolak, handling Objection, Tehnik membuat Ice Breaking, Membuat game-game yang sesuai dengan tema, membuat penutupan yang berkesan dengan kemampuan- kemampuan ini maka lengkap sudah modal untuk menjadi public speaker yang handal dan mumpuni. (Mas Sigit / PNF)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts