;
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

6/07/2015 01:20:00 AM
0

Dinamika kehidupan yang terus berkembang mendorong mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan kemampuan. Pengembangan kemampuan mahasiswa tidak hanya difokuskan pada kemampuan akedemik saja, tetapi juga pada kemampuan emosional dan spiritual. Pengembangan kemampuan secara akademik yang lebih bersifat teoritis bisa diperoleh di dalam kelas, sedangkan kemampuan emosional dan spiritual bisa dikembangkan melalui keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi-organisasi kemahasiswaan di dalam kampus yang disebut Ormawa. Selain itu, berorganisasi di Ormawa bukan menjadi tujuan akhir. Jika menganggapnya sebagai tujuan akhir, tentu akan menjadi mahasiswa abadi. Hal ini tidak ingin  kita harapkan.
Ormawa adalah organisasi kemahasiswaan yang dibentuk di tingkat mahasiswa. Tujuan dibentuknya Ormawa adalah untuk mengembangkan softskills mahasiswa. Di dalam Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya juga terdapat Ormawa yang meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi (HMJ/P). Masing-masing Ormawa mempunyai peran yang berbeda-beda, DPM sebagai lembaga legislatif dan normatif di tingkat fakultas dan juga berfungsi penampung, menganalisis, dan penyalur aspirasi mahasiswa di tingkat fakultas, sementara BEM berfungsi sebagai lembaga eksekutif di tingkat fakultas, dan HMJ/P memiliki peran sebagai pelaksana kegiatan kemahasiswaan yang bersifat penalaran keilmuan di jurusan/prodi dan program studi masing-masing.
Fakultas dan Ormawa merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan. Di dalam Fakultas sendiri untuk menjalankan perannya terutama berkaitan dengan birokrasi yang melibatkan mahasiswa secara langsung tidak dapat dilakukan secara individual, melainkan harus bersinergi dengan Ormawa dalam rangka peningkatan kemampuan mahasiswa dan pengembangan profesi yang lebih profesional.
Pada tanggal 28 Mei 2015 Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Drs. Sujarwanto, M.Pd telah mengukuhkan pengurus Ormawa periode 2015 yang dilaksanakan di Auditorium O5 lantai 3, dan dihadiri oleh Pembantu Dekan III, jajaran Kabag, Kasubag, Ketua Jurusan, Pendamping Kemahasiswaan dan pengurus Ormawa 2015 selingkup FIP Unesa yang terdiri dari BEM, DPM, dan seluruh HMJ/P. Pengukuhan tersebut sangat sakral dan mempunyai makna tersendiri oleh setiap undangan yang hadir dalam acara pengukuhan kali ini.
Dalam sambutan Pembantu Dekan III Drs. M. Nur Salim, M.Si., “Pengukuhan pengurus Ormawa periode 2015 kali ini tidak sesuai dengan jadwal, yang semula dijadwalkan pada bulan Maret baru bisa dilaksanakan pada akhir bulan Mei, karena ada suatu problem antara para calon (BEM), alhamdulillah problem tersebut bisa terselesaikan dengan baik dan dari calon-calon tersebut dapat bersatu menjadi kekuatan baru untuk memajukan Ormawa yang lebih profesional”.
Beliau juga menjelaskan mayoritas pengurus Ormawa periode 2015 kali ini meraih prestasi yang membanggakan, prestasi ditingkat fakultas maupun ditingkat universitas diantaranya, juara lomba debat Bahasa Inggris tingkat fakultas, juara Mawapres dan MTQ tingkat Universitas, serta banyak pengurus Ormawa menyandangan sebagai Putra-Putri FIP 2014-2015, dan prestasi yang membanggakan lainnya.
“Perlu diketahui bahwa dalam masa bakti Ormawa telah melahirkan 198 proker yang harus dilaksanakan dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, jumlah ini turun dibandingkan dari tahun kemarin” ujar Beliau lagi.
Pengukuhan Ormawa dipimpin langsung oleh Bapak Dekan FIP Unesa, setelah pengurus Ormawa dikukuhkan, Beliau memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus lama dan mengucapkan selamat mengemban amanat kepada pengurus baru.
Ada beberapa harapan yang ingin diwujudkan oleh Beliau, diantaranya ingin menjadikan fakultas ini layak disejajarkan dengan Khon Kaen University Thailand. Ingin terbang tinggi dalam berprestasi. Harapan itu sangatlah tidak mudah, perlu adanya motivasi, semangat, dan kerja keras untuk mewujudkannya. Selain itu, Beliau juga ingin menjadikan kampus ini menjadi kampus yang bebas narkoba, bebas rokok, dan kampus yang ramah bagi mahasiswa difabel. Oleh karena itu, perlu adanya koordinasi dan kerjasama antara komponen-komponen fakultas termasuk Orwama, dan seluruh mahasiswa untuk mewujudkan FIP yang unggul dan bermartabat pada tahun 2019. Amiin..
Beliau juga menyampaikan untuk menjadi Ormawa yang profesional harus memiliki dasar-dasar organisasi. Keteladan dalam bertindak, harus memiliki karakter yang berbeda dengan organisasi lain, kebersamaan dan solidaritas harus dijunjung tinggi, menciptakan suasana yang sehat dalam berorganisasi, toleransi, dan teguh dalam pendirian.
Setelah amanat yang disampaikan oleh Dekan FIP Unesa berakhir, acara tersebut ditutup dengan bersalaman dengan Dekan, PD III dan jajaran tinggi lainnya. Semoga Ormawa FIP Unesa periode 2015 mampu memberikan warna yang baru dan semangat progresif dalam mencapai FIP Hebat, FIP yang Bermartabat.
(Novisal Bahar)

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts