;
twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

5/29/2016 05:12:00 AM
1


Surabaya – Kedatangan Prof. Dr. Mustofa Kamil, M.Pd sebagai Tim Asesor Akreditasi dari BAN-PT dalam rangka visitasi akreditasi jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pada hari Jum’at (18/03/2016). Kedatangan asesor mendapat sambutan hangat oleh seluruh pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan, pimpinan jurusan, dosen, dan mahasiswa-mahasiswi Jurusan PLS.
Acara akreditasi dilaksanakan pada pukul 10.30 yang berlangsung berada di dua tempat dan dua sesi. Sesi yang pertama berlangsungdi ruang sidang gedung O1 lantai 2, asesor akan menilai kesesuaian borang dan portofolio yang telah di ajukan Fakultas, apakah sesuai dengan data dan bukti fisik yang berada di lapangan. Sesi yang kedua dilakukan pada pukul 13.00, tim asesor langsung melakukan visitasi jurusan PLS, dan melihat beberapa hal yang nantinya akan menjadi indikator penilaian akreditasi jurusan.
Ketua jurusan PLS Heryanto Susilo, M.Pd sangat optimis bahwa tahun ini jurusan PLS akan dapat meningkatkan akreditasi jurusan menjadi lebih baik dari sebelumnya, yaitu mendapatkan akreditasi A. Oleh karena itu perlu upaya-upaya yang harus dilakukan dalam mendongkrak nilai tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: (1) tata kelola; (2) kurikulum, (3) sarana-prasarana; (4) bidang kemahasiswaan dan alumni; (5) pendanaan; (6) jumlah kualitas hasil publikasi; dan (7) partisipasi dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Dari berbagai indikator tersebut yang menjadi poin penting adalah penelitian dosen dengan melibatkan mahasiswa dalam tugas akhir, kerjasama dan menjalin hubungan baik secara nasional maupun internasional, keterlibatan jurusan PLS dan mahasiswa dalam melakukan pengabdian masyarakat. Jurusan PLS sudah mampu menjalin mitra bertaraf nasional dalam rangka meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan mahasiswanya. Terbukti seluruh mahasiswa PLS melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di seluruh penjuru Indonesia, mulai setingkat Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Pendidikan yaitu SKB, hingga mampu PKL setingkat kementrian.
Prof. Dr. Mustofa Kamil, M.Pd memberikan catatan penting kepada jurusan bahwasannya mahasiswa perlu dirangsang untuk melakukan sebuah penelitian dan sering membuat Program Kreatif Mahasiswa (PKM). Apabila hal ini yang sering dilakukan maka dapat memberikan efek bagi peningkatan kualitas jurusan dalam penilaian akreditasi oleh BAN-PT. Selain itu, peran alumni itu sangat berpengaruh dalam meningkatkan akademik maupun non akademik mahasiswa PLS itu sendiri.
Visitasi akreditasi jurusan PLS, berlangsung dengan lancar. Seluruh warga PLS dari mahasiswa, dosen, staf TU, hingga pimpinan jurusan saling bahu-membahu dan berupaya untuk menjadikan jurusan PLS pada tahun 2016 ini mendapatkan akreditasi A.(Novisal Bahar)

1 komentar:

Popular Posts